Posted on

7 alasan Anda WAJIB melirik bisnis untuk program persiapan pensiun

7 alasan Anda WAJIB melirik bisnis untuk program persiapan pensiun

Di luar sana, ada banyak sekali program persiapan pensiun. Semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk menjamin kehidupan Anda di hari tua, selepas berhenti bekerja, setelah bukan lagi seorang karyawan.

Tentu saja, program atau rencana tersebut adalah bagus dan layak untuk dimiliki, semasa Anda bekerja.

Namun pernahkah Anda sadari bahwa tetap menjadi produktif adalah hal yang perlu dipikirkan dan dipersiapkan untuk masa pensiun.

Hidup tenang di masa pensiun memang ide yang menyenangkan. Hidup tenang dan tetap produktif di masa pensiun, bukankah ini lebih menyenangkan?

Mulailah bisnis sebagai program persiapan pensiun Anda.

7 alasan Anda WAJIB melirik bisnis untuk program persiapan pensiun

Berikut adalah 7 alasan kenapa bisnis memang layak dilirik menjadi pilihan yang bagus sebagai program persiapan pensiun Anda.

#1. Sehat

persiapan pensiun untuk tetap sehatInilah yang paling utama.

Memiliki dan menjalan bisnis akan membuat otak Anda terus bekerja, berpikir dan penuh dengan ide. Semakin lama Anda menekuni bisnis Anda, semakin banyak ide terlintas, akan semakin menyenangkan.

Otak yang terus bekerja akan terhindar dari penyakit degeneratif seperti pikun, parkinson dan lain sebagainya. Sebagai pusat dari seluruh kegiatan tubuh, otak yang sehat akan memicu tubuh yang sehat juga, baik jasmani dan rohani.

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa umur panjang berasal pikiran sehat dan pikiran positif.

#2. Tetap menghasilkan

persiapan pensiun untuk tetap menghasilkanMemang ada yang berpikir setelah pensiun, apakah masih perlu mengejar uang lagi? Maksudnya menghasilkan di sini adalah tetap terjaganya pendapatan tanpa perlu semata-mata mengandalkan uang pensiun.

Ingat, sebanyak apa pun uang pensiun Anda, suatu saat bisa habis.

Beruntung bagi pensiunan pegawai negeri yang dijamin uang pensiun hingga tutup usia, namun tentunya saja nilainya jauh dibawah gaji Anda saat masih bekerja.

Dengan begitu banyaknya pengalaman Anda sebagai seorang pekerja selama puluhan tahun, yakin tidak ingin memanfaatkan potensi ini?

#3. Respek

Okelah, walaupun Anda bukan orang yang membutuhkan atau mencari respek dari orang lain, ingin dihormati apalagi sampai post power syndrome tapi boleh dong Anda dipandang orang lain dengan penuh respek.

Respek seperti apa? tentunya bukan lagi sebagai mantan bos besar di perusahaan swasta atau mantan pejabat. Respek di sini Anda dapatkan karena orang lain melihat Anda sebagai orang yang penuh gairah, ide, berpikiran ke depan dan positif.

Tanpa diminta, nilai-nilai positif itu akan menjadi citra diri Anda sebagai seorang pebisnis setelah pensiun. Siapa sih yang tidak senang berada bersama dengan orang seperti itu?

#4. Gaya hidup yang stabil

Pensiun tidak berarti menurunkan standar kehidupan. Pensiun tidak harus menurunkan gaya hidup.

Dengan memiliki bisnis, Anda akan tetap berada di situasi bekerja. Anda yang biasanya bermain tenis selepas waktu kerja, teruskan jadual bermain tenis. Jadikan hidup Anda tetap dalam irama yang sama apalagi untuk kegiatan-kegiatan positif.

Biasa meeting di luar kantor? biasa jalan-jalan bersama keluarga di akhir pekan? wisata keluar negeri? selama Anda membangun irama kehidupan yang sama, kenapa tidak mungkin.

Pensiun bukan berarti menikmati hidup tanpa melakukan apapun.

#5. Tidak menjadi beban

Ini adalah sebuah ironi. Seorang teman mantan pegawai swasta yang memutuskan untuk menjalankan bisnisnya dan akhirnya sukses setelah beberapa tahun pernah berkata kepada saya alasannya.

Jangan sampai nanti saat saya tua, malah rebutan sama cucu.

Saat mendengar ini, saya terhenyak… rebutan sama cucu??? 😢.

Jika uang pensiun tidak banyak, mulailah bisnis. Jika uang pensiun cukup, mulailah bisnis. Jika uang pensiun Anda banyak, mulailah bisnis.

#6. Tetap bersosialisasi

persiapan pensiun yang baik tetap menjalin aktifitas sosialSaat menjalankan bisnis, Anda akan bertemu dengan banyak orang. Apa pun bisnisnya, Anda akan bertemu dengan orang baru atau kembali bekerjasama dengan orang lama 🙂 .

Bisnis Anda memanfaatkan ranah digital, ranah online? bersiaplah bertemu dengan banyak anak muda.

Dengan menjalankan bisnis malah membuat Anda bersosialisasi lebih banyak dari sebelumnya, dan anehnya, Anda akan tampak semakin muda.

#7. Wujudkan impian Anda!

Inilah saat yang tepat mewujudkan sesuatu yang selama ini selalu membayangi pikiran Anda tapi tidak pernah terlaksana karena berbagai keterbatasan sebagai seorang pekerja, terutama keterbatasan waktu.

Apakah Anda ingin jadi penulis, pembicara, motivator, buka bengkel, jalan-jalan ke luar negeri atau apa saja.

Dengan memiliki bisnis Anda bisa mewujudkan apa yang selama ini belum tercapai.

Dengan mewujudkan apa yang selama ini belum tercapai, Anda bisa menjadikannya bisnis.

 

Betul sekali, setelah pensiun waktunya menikmati hidup maka nikmati hidup Anda.

Jalankan bisnis Anda untuk menikmati hidup, yaitu dengan hati senang.

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang dikerjakan dengan sepenuh hati.

Jadi apalagi yang Anda tunggu, rintis mulai sekarang! mulailah dari sebuah langkah kecil, yaitu ACTION.

Salam Pensiun Sehat!