Posted on

Jangan lakukan 3 kesalahan ini jika ingin memulai bisnis

Jangan lakukan 3 kesalahan ini jika ingin memulai bisnis

Sering kita dengar “seperti berenang, yang penting action” kalau ingin memulai bisnis. Bukanlah sesuatu yang salah tapi ada baiknya tidak ditelan bulat-bulat.

Asal action hasilnya adalah kesalahan memulai bisnis, ujungnya rugi dan sedih. 😥

JakTrends.Com ingin membagi sebuah nasihat yang bagus sekali dari tulisan Ms. Susan Catherine Keter, seorang Mentor/Life Coach di SusanCatherineKeter.Com.

Ms. Susan memberikan nasihat yang baik sekali untuk kita semua, bagaimana cara memulai bisnis.

Artikel ini menjelaskan 3 kesalahan memulai bisnis yang dilakukan oleh banyak orang dan juga cara menghindarinya yang bisa langsung Anda praktekkan.

Banyak orang yang ingin memiliki bisnis tapi bingung bagaimana memulainya karena tidak tahu sama sekali. Akibatnya mereka melakukan aneka kesalahan memulai bisnis. 😥

Ini nasihat untuk mereka yang tidak mengerti tapi ingin memulai bisnis.

3 kesalahan memulai bisnis yang jangan Anda ulangi

Terlalu banyak mendengar

Ini adalah kesalahan yang sering terjadi pada banyak orang yang ingin memulai bisnis mereka. Terlalu banyak mendengarkan dan mengikuti rekomendasi dari orang lain, yang hasilnya adalah jadi bingung sendiri.

Sangatlah berhati-hati dan cermat, khususnya mengenai hal keuangan. Anda harus memahami arus kas (cashflow). Saya sarankan Anda mempelajari hal ini di buku 7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula dan Understanding Business.

Kedua buku tersebut membekali Anda dengan pemahaman yang baik mengenai apa itu arus kas (cashflow), omset dan profit di dalam sebuah bisnis.

Mencoba beraneka bisnis pastinya akan sangat membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit, uang, waktu dan lainnya. Apalagi mencoba-coba, awas! uang Anda bisa habis dengan sangat cepat, terutama jika Anda belum memiliki sumber pemasukan lain.

Belum memiliki sumber pemasukan lain?

Oleh sebab itu, disarankan jangan memulai bisnis setelah pensiun!

Jika ingin memulai bisnis, mulailah selagi Anda masih bekerja, jadikanlah bisnis sebagai program persiapan pensiun Anda. Baca artikel Bisnis sebagai pilihan program persiapan pensiun.

Tidak paham dan ikut-ikutan

Janganlah menjalankan bisnis yang Anda tidak pahami hanya karena berdasarkan saran dari orang lain, apalagi Anda cuma ikut-ikutan.

Tidak perlu terburu-buru.

Cobalah gunakan 1-2 minggu secara intesif untuk meneliti, mengamati dan memahami sebelum memilih dan memulai bisnis Anda. Hal baik yang akan menghemat banyak uang Anda dan menghindari Anda dari sakit hati. 💔

Berinvestasilah dalam keahlian yang sesuai, semisal mengambil kursus singkat, menghadiri forum bisnis yang tepat, yang akan mendongkrak kesempatan Anda untuk berhasil. Gunakan aneka sumber daya di Internet pun sudah banyak tersedia.

Pelajari apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar, cobalah mengisinya. Siapa saja yang sudah mengisi pasar tersebut, cari tahu apa yang mereka lakukan.

Belajarlah dari mereka yang mengatakan hal baik dan buruk dari bisnis tersebut.

Terlalu cepat mengeluarkan uang

Sekali lagi harus Anda perhatikan.

Berhati-hati dan cermatlah jika mengenai uang. Jangan terburu-buru, serakah, ingin untung besar dengan menempatkan banyak uang dalam skema permodalan.

Lebih baik mulai kecil-kecilan sambil bertumbuh.

Jangan pernah menanamkan uang Anda dalam jumlah besar di awal untuk sesuatu yang baru dan tidak pasti.

Jangan investasikan lebih dari sepertiga uang (simpanan) Anda pada bisnis. Angka 30% itu sudah maksimal, tidak boleh lebih dari itu.

Pelajari hal ini pada buku Understanding Business dan Catatan Bisnis yang bikin laris.

Ide menjual produk orang lain secara online adalah cara yang bagus untuk memulai sebuah bisnis.

Kenapa?

Anda tidak perlu mengeluarkan uang di muka, semisal untuk membeli stok, sewa ruangan, gaji pegawai, peralatan kantor dan lain sebagainya.

Anda cuma perlu laptop dan akses internet yang memadai.

ingin memulai bisnisPelajari dari buku From Reseller to Business Owner, seorang bu rumah tangga, Tri Widayanti yang sukses membangun bisnisnya hingga besar dengan cara aman seperti ini.

Mulailah dengan memilih produk atau layanan yang sesuai dengan minat Anda dan fokuskan segenap diri Anda membangun bisnis dari sana.

Demikianlah nasihat untuk kita semua, jangan sampai kesalahan memulai bisnis ini Anda lakukan.

Silahkan telusuri etalase buku yang dijual di JakTrends.Com dan temukan semua buku di atas dan buku lainnya yang Anda butuhkan.

Sampai jumpa di puncak sukses.