Posted on

Ini cara raih lead lebih banyak dengan Whatsapp

Ini cara raih lead lebih banyak dengan Whatsapp

Pernah beberapa kali membantu team pemasaran untuk strategi pemasaran digital mereka, pada akhirnya saya menyadari ada satu hal yang luput. Bukan sesuatu yang luar biasa tapi menyimpan potensi yang besar.

Banyak organisasi besar yang telah menghabiskan dana fantastis untuk pemasaran dengan memanfaatkan platform digital, dengan tujuan salah satunya meraup lebih banyak lead, tapi sayangnya masih menggunakan cara kuno.

Cara kuno seperti apa? contact form dan alamat email. Model yang lebih baru adalah Twitter, tapi media ini bukanlah nomor satu dalam hitungan pengguna terbanyak.

Ini cara raih lead lebih banyak dengan whatsapp

Hasil yang diterima oleh pengirim pesan biasanya :

  • Dibalasnya lama tanpa kepastian apakah diterima, dibaca dan ditindaklanjuti.
  • Tidak ada yang menerima pesan tersebut (ini sedih banget).
  • Contact form gagal atau alamat email sudah tidak valid.

Hasilnya, lead pun lewat begitu saja, jangan harap terjadi transaksi. 😢

Apa itu lead?

Lead adalah sebuah istilah yang artinya kira-kira adalah bakal calon pelanggan atau siapa saja yang mungkin tertarik dengan apa yang kita jual atau tawarkan.

Sederhananya, orang yang telah memberikan detail kontak umum seperti nama, nomor telepon, alamat email atau akun media sosialnya sudah bisa disebut lead. Walaupun mereka masih sebatas ingin tahu dulu.

Nantinya ini menjadi tugas bagian pemasaran atau penjualan yang tindak lanjut untuk mengubah lead menjadi pelanggan (customer) dengan terjadinya transaksi.

Dalam dunia digital, banyak sekali lead yang masih “dingin”, sedikit ingin tahu tapi tidak mau susah.

Sayang sekali jika diabaikan, karena sebetulnya mendapatkan mereka tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Tidak sulit karena yang mereka butuhkan adalah kemudahan.

Dengan demikian cara raih lead lebih banyak adalah dengan memberikan kemudahan untuk lead yang masih dingin ini. Caranya?

Manfaatkan WhatsApp!

Dikutip dari Business Insider, Rabu 9 Mei 2018, peningkatan tersebut dinilai berjalan begitu cepat. Pada Mei 2018, 1,5 miliar pengguna WhatsApp sudah mengirim sebanyak 65 miliar pesan melalui aplikasi WhatsApp maupun WhatsApp web per harinya.

Saya yakin banyak dari kita, terutama praktisi pemasaran digital yang menyadari hal ini.

Namun sayangnya, ternyata belum banyak yang menyadari bahwa Whatsapp ternyata bisa dimainkan dengan manis saat disandingkan dengan platform digital marketing lain yang selama ini sudah populer.

Ini bukanlah sesuatu yang baru dan istimewa, namun sering terabaikan karena kita sudah terlalu lama terlena dengan layanan Whatsapp di handphone.

Sekarang perhatikan penggunaan instant messenger Whatsapp di banyak sekali situs penjualan yang sudah umum dengan cara berikut.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi :

Yansen, WA only 0862-3601-7846

Ini cara konvensional yang sudah pasti sulit memancing interaksi lead, terutama yang masih “dingin” karena :

  • Nomor telepon harus diketik atau copy paste dulu 😒
  • Kemudian baru melakukan kontak 😢

Sekarang bagaimana jika situasinya seperti ini.

Anda telah membangun branding yang bagus, pemasaran online yang efektif dan sukses memancing pengunjung yang ke content atau situs Anda, dan lebih menariknya ditawarkan kemudahan seperti di bawah ini.

cara raih leads lebih banyak dengan whatsapp

Untuk informasi lebih detail, klik untuk hubungi Stefanny via WA.

Jauh lebih memancing lead untuk berinteraksi karena tinggal klik! mudah sekali. 😍

Ternyata rahasianya tidak susah dan bisa diterapkan di platform apa pun, apakah itu blog, website, Facebook, Twitter dan lain sebagainya, selama mendukung pembuatan link atau tautan.

Ok, berikut adalah cara raih lead lebih banyak dengan membuat tautan (link) yang otomatis akan melanjutkan ke aplikasi Whatsapp milik lead.

Isikan pada kolom pembuatan tautan (link) di platform media pemasaran Anda, sebagai berikut :

https://wa.me/[nomor-telepon]

contohnya:

https://wa.me/6286236017846

Perhatikan format nomor teleponnya, 6286236017846. Kode panggilan negara Indonesia yaitu 62 langsung disematkan di depan nomor telepon.

Jangan gunakan format +6286236017846, atau 62862-3601-7846 atau 086236017846.

Anda ingin tambahkan teks pada pesan Whatsapp agar lebih informatif saat leads berinteraksi dengan team pemasaran Anda?

https://wa.me/6286236017846?text=Mohon%20info%20produk%20A

Tautan di atas, jika di-klik dengan sangat mudah oleh lead, akan diterima oleh Whatsapp Anda dengan pesan “Mohon info produk A”. Gunakan %20 seperti di atas sebagai pengganti spasi.

Bisa Anda lihat sendiri, jika diberikan kemudahan seperti ini, cara raih lead lebih banyak pun jadi lebih maksimal.

Menariknya, selain Anda mudah mendapatkan nomor telepon lead, foto profil pun bisa di dapat sehingga bisa dianalisa, kira-kira karakter lead ini seperti apa. Tinggal team pemasaran atau penjualan yang tindak lanjut dengan strateginya masing-masing.

Saran saya, lihat juga buku-buku bisnis online yang dijual di situs ini, Anda pun bisa menggabungkan teknik yang saya jelaskan di atas dengan platform penjualan online.

Selamat mencoba, salam sukses!

Referensi:

Menggunakan Klik untuk Chat